Perwakilan Wali Kota dr Susanti Hadiri Ritual Keagamaan Thiruvila Umat Hindu Etnis Tamil Kota Pematangsiantar

- 19 Mei 2024, 20:20 WIB
Perwakilan Wali Kota dr Susanti Hadiri Ritual Keagamaan Thiruvila Umat Hindu Etnis Tamil Kota Pematangsiantar
Perwakilan Wali Kota dr Susanti Hadiri Ritual Keagamaan Thiruvila Umat Hindu Etnis Tamil Kota Pematangsiantar /

DETAKSUMUT.ID - Ratusan Umat Hindu Etnis Tamil menggelar ritual keagamaan Thiruvilla Arulmigu Shri Dhurga Devi Alayam di Kuil Shri Dhurga Devi Alayam, Jalan Dalil Tani Ujung, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Minggu (19-05-2024).

Dalam ajaran Hindu, penyucian ini dinamakan Thiruvila. “Makna dari Maha Thiruvila adalah penyucian diri agar terhindar dari hal-hal yang tidak benar,

Acara Keagamaan Thiruvilla Arulmigu Shri Dhurga Devi Alayam tahun 2024, akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu: mulai hari Jumat 17 Mei 2024 – Selasa 21 Mei 2024 dan puncak nya pada hari Minggu tanggal 21 Mei 2024.

Terkait kegiatan keagamaan tersebut, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA yang diwakili oleh Camat Siantar Timur Masa Rahmat Zebua hadir ditengah-tengah masyarakat dan bersama umat hindu etnis tamil.

“Tentu sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi, sesuai dengan Kota kita Pematangsiantar yang melesat naik, saya sangat mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi atas acara Thiruvila ini yang berlangsung khidmat dan lancar.

“Ritual Keagamaan Thiruvilla Arulmigu Shri Dhurga Devi Alayam adalah Ritual agama Hindu Suku Tamil yang dipimpin oleh Pandita Kalidesen yang di ikuti ± 100 Orang Umat,” kata Camat Siantar Timur.

Kegiatan dimulai dengan Sembayan /Berdoa di Kuil dan selanjutnya berjalan tanpa alas kaki, diiringi musik Gendang dari Kuil Shri Dhurga Devi Alayam, Jalan Dalil Tani Ujung Kelurahan Tomuan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar.

Ratusan Umat Hindu Etnis Tamil, berjalan sejauh ± 2 KM menuju tanah kosong yang ada di daerah Kolam Pancing Ondion, Jalan Patimura Ujung / Pintu Bosi Kelurahan Mekar Nauli Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar.

Adapun Ritual yang dilaksanakan berupa ritual mengangkat Kargo (Kendi), yang berisikan Pasir, Susu, Uang Koin, Bunga- bungaan, serta ramuan – ramuan lainnya yang akan di junjung oleh Pandita Kalidesen menuju Kuil Shri Dhurga Devi Alayam, di ikuti oleh para umat selanjutnya Kargo / Kendi di simpan.

Editor: M Roni


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah