Jelang Ramadan di Medan, Harga Kebutuhan Pokok Naik

- 4 Maret 2024, 16:21 WIB
Harga Cabai Meroket di Medan, Bergerak Liar Setelah Tahun Baru, Tak Perlu Panik!
Harga Cabai Meroket di Medan, Bergerak Liar Setelah Tahun Baru, Tak Perlu Panik! /Detaksumut/Dok. Istimewa /

DETAKSUMUT.ID - Menjelang bulan Ramadan, harga daging ayam kembali mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Sumut.

"Mengacu kepada Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga daging ayam di kota Medan saat ini ditransaksikan dalam rentang 39.500 hingga 40.500 per Kg," jelas Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin, 4 Februari 2024.

Benjamin menambahkan, demikian harga di sejumlah pasar di Deli Serdang yang juga naik di kisaran angka 40 ribu per Kg nya. Kenaikan harga pakan masih menjadi pemicu kenaikan harga daging ayam sejauh ini.

Baca Juga: Ini Harga Tarif Listrik Bulan Maret 2024

"Setelah harga daging ayam, harga gula pasir naik dalam rentang 500 hingga 1000 per Kg nya sejak akhir pekan kemarin. Di kota Medan, harga gula pasir ditransaksikan dalam rentang 17 ribu hingga 18 ribu per Kg nya. Harga gula pasir sudah merangkak naik dari akhir bulan Februari kemarin," imbuhnya.

Sisi pasokan, kata Benjamin, diduga terganggu memicu terjadinya penurunan produksi, dan menjadi pemicu utama kenaikan harga gula saat ini. Ditambah dengan kabar pengetatan ekspor gula pasir di Negara surplus gula.

Selanjutnya, kata Benjamin, ada harga minyak goreng yang kembali mengalami kenaikan, seiring dengan kenaikan harga CPO. Walaupun dalam kurun waktu enam bulan terakhir harga CPO sulit menembus level psikologis ataupun level resisten 4.000 ringgit per tonnya.

Baca Juga: Harga Beras Diprediksi Sosok Ini Bakal Turun Jelang Ramadhan

"Namun, harga minyak goreng yang juga sangat erat kaitannya dengan kebijakan pengendalian pasokan oleh pemerintah, tentunya memiliki keterkaitan dalam pembentukan harga minyak goreng di tanah air," kata Benjamin.

Halaman:

Editor: Abdul Rahim Daulay


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah